kurikulum KTSP IPA kejar paket A



09. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
A.  Latar Belakang

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendudung pendidikan sepanjang hayat.

Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam secara nasional. Saat ini kesejahteraan bangsa tidak hanya bergantung pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual, social dan kepercayaan (kridibilitas). Dengan demikian tuntutan untuk terus menerus memutakhirkan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi suatu keharusan.

Pengembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi. Ilmu pengetahuan, dan tehnologi, sera tuntutan desenteralisasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterkaitan (relevansi)program pembelajaran dengan keadaan dan kebutuhan setempat. Kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam menjamin pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Es, penguasaan kecakapan hidup, penguasaan perinsip prinsip alam, kemampuaan bekerja dan bersikap ilmiah sekaligus pengembangan kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.
Pendekatan yang digunakan dalm pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berorentasi pada peserta didik, oleh karena itu memperkaya pengalaman belajar peserta didik sangat ditekankan. Pengalaman belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengekspoloresi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan nara sumber lain.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cara mencari tuhu tentang alam secara sistimatik untuk menguasai pengetahuan, fakta fakta, konsep konsep, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam pada program Paket A bermanfaat bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam diarahkan untuk ”mencari tahu” dan ”berbuat” sehingga dapat membantu peserta didik untuk memproleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

B. Tujuan

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Program Paket A bertujuan:
  1. Menanamkan pengetahuan dan konsep konsep Ilmu Penhetahuan Alam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.
  2. menanamkan rasa ingin tahu dan sikap positif terhadap Ilmu Pengetahuan Alam  memanfatkandan teknologi.
  3. Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecah masalah dan membuat keputusan.
  4. Ikut serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
  5. Mengembangkan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara Ilmu Pengetahuan Alam, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat.
  6. Menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.


C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Program Paket Ameliputi:
  1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan.
  2. Benda dan Sifatnya.
  3. Energi dan Perubahannya.
  4. Bumi dan Alam Semesta.

D. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
  1. Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
  2. Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi  antara makhluk hidup dengan lingkungannya
  3. Memahami  bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
  4. Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
  5. Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan  manfaatnya
  6. Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia



E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Tingkatan      :  I
Derajat           :  Awal
Setara             :  Kelas I  s.d  III    SD/MI
Bobot  SKK   :  12



 











Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan


1.         Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya

1.1         Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.2         Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.3         Membiasakan hidup sehat

2.         Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
2.1         Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
2.2         Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.3         Menceritakan perlunya  merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar

3.           Mengenal bagian-bagian utama  tubuh  hewan  dan tumbuhan,  pertumbuhan hewan dan tumbuhan  serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
3.1         Mengenal  bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
3.2         Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
3.3         Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
3.4         Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
4.         Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup

4.1         Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
4.2     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
4.3     Mendeskripsikan  perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)

5.         Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan   

5.1         Membedakan ciri-ciri lingkungan  sehat dan  lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
5.2         Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
5.3         Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Benda dan Sifatnya
6.         Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda


6.1         Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
6.2         Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
6.3         Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar

7.         Mengenal berbagai  bentuk  benda  dan  kegunaannya  serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
7.1         Mengidentifikasi  ciri–ciri  benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
7.2         Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda     (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
7.3         Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
Energi dan Perubahannya
9.         Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari


9.1         Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang  sulit bergerak melalui percobaan
9.2         Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas,  dorongan tangan, dan magnet)
10.     Mengenal berbagai sumber  energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya

10.1     Mengidentifikasi  sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di  lingkungan sekitar
10.2     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya

11.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan  energi dan  sumber energi
11.1     Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
11.2     Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
11.3     Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

12.     Menerapkan konsep energi gerak
12.1     Membuat  kincir angin untuk menunjukkan  bentuk energi angin dapat diubah menjadi  energi gerak
12.2     Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Bumi dan Alam Semesta
13.     Mengenal berbagai benda langit  dan peristiwa alam  (cuaca dan musim)  serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.

13.1     Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
13.2     Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
13.3     Membedakan  pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia

14.     Memahami  peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

14.1     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
14.2     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari

15.     Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca  dan pengaruhnya bagi manusia, serta  hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

15.1     Mendeskripsikan kenampakan permukaan        bumi di lingkungan sekitar
15.2     Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca  
 
15.3     Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
15.4     Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar




Tingkatan      :  II
Derajat           :  Dasar
Setara             :  Kelas IV s.d  VI   SD/MI
Bobot  SKK   :  12














Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1           Memahami  hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

1.1         Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2         Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3         Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4         Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

2.      Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

2.1         Menjelaskan  hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2         Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3         Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4         Menjelaskan  hubungan antara bunga dengan fungsinya

3           Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

3.1         Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2         Menggolongkan hewan berdasarkan jenis        makanannya

4           Memahami daur hidup  beragam jenis makhluk hidup

4.1         Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2         Menunjukkan kepedulian  terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan

5           Memahami hubungan sesama makhluk  hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

5.1         Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2         Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
6.         Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

6.1         Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
6.2         Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
6.3         Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
6.4         Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
6.5         Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia

7.         Memahami  cara tumbuhan hijau membuat makanan

7.1         Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau  membuat makanan
7.2         Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan

8.         Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

8.1         Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu  untuk mempertahankan hidup
8.2         Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu  untuk mempertahankan hidup

9.         Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

9.1         Mendeskripsikan hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)  dan lingkungan hidupnya
9.2         Mendeskripsikan  hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan  (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

10       Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
10.1     Mendeskripsikan  perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
10.2     Mendeskripsikan  ciri-ciri  perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
10.3     Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
10.4     Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia

11.     Memahami  pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
11.1  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
11.2  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
11.3  Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan

12.     Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
12.1     Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati  kepunahan
12.2     Mendeskripsikan  pentingnya pelestarian jenis makhluk  hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat

Energi dan Perubahannya
13.     Memahami gaya  dapat  mengubah  gerak dan/atau  bentuk suatu benda



13.1     Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
13.2     Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda


14.     Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
14.1     Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta  sifat-sifatnya
14.2     Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
14.3     Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan  perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,  misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
14.4     Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik

15.     Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
15.1     Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
15.2     Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

16.     Menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
16.1     Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
16.2     Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya

17.     Mempraktikkan  pola penggunaan dan perpindahan energi
17.1     Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
17.2     Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik

18.     Memahami pentingnya penghematan energi
18.1     Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
18.2     Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
Bumi dan Alam
Semesta
19.     Memahami  perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
 

19.1     Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
19.2     Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari

20.     Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
20.1     Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
20.2     Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
20.3     Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

21.     Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
21.1     Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam  dengan lingkungan
21.2     Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
21.3     Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan

22.     Memahami  perubahan  yang  terjadi di  alam  dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam

22.1    Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
22.2    Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
22.3    Mendeskripsikan struktur bumi
22.4     Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
22.5     Mendeskripsikan  perlunya  penghematan air
22.6     Mengidentifikasi peristiwa  alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
22.7     Mengidentifikasi  beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) 

23.     Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
23.1     Mendeskripsikan  sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
23.2     Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
23.3     Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
23.4     Menjelaskan  perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah

Benda dan Sifatnya
24.     Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya

24.1     Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu
24.2     Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair padat→cair; cair→gas→cair; padat→gas
24.3     Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya

25.  Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil  suatu proses

25.1    Mendeskripsikan hubungan  antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
25.2    Menyimpulkan  hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap

26.     Memahami  saling hubungan antara  suhu, sifat hantaran dan  kegunaan benda

26.1     Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan  panas dari berbagai benda
26.2     Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas

27       Memahami faktor penyebab perubahan benda
27.1     Menjelaskan  faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
27.2     Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari


F.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat yang dimaksud.  Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Comments

Popular posts from this blog

kurikulum KTSP IPA SD/MI

Mekanisme Sorting Protein dari Sitosol ke Organel

Zonasi sungai