09. Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam
A. Latar Belakang
Pendidikan nonformal adalah jalur
pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur
dan berjenjang. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang
memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan
atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendudung pendidikan sepanjang
hayat.
Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam
disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam secara
nasional. Saat ini kesejahteraan bangsa tidak hanya bergantung pada sumber daya
alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual,
social dan kepercayaan (kridibilitas). Dengan demikian tuntutan untuk terus
menerus memutakhirkan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi suatu keharusan.
Pengembangan kurikulum Ilmu
Pengetahuan Alam merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi. Ilmu
pengetahuan, dan tehnologi, sera tuntutan desenteralisasi. Hal ini dilakukan
untuk meningkatkan keterkaitan (relevansi)program pembelajaran dengan keadaan
dan kebutuhan setempat. Kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam menjamin pertumbuhan
keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Es, penguasaan kecakapan hidup,
penguasaan perinsip prinsip alam, kemampuaan bekerja dan bersikap ilmiah
sekaligus pengembangan kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.
Pendekatan yang digunakan dalm
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berorentasi pada peserta didik, oleh karena
itu memperkaya pengalaman belajar peserta didik sangat ditekankan. Pengalaman
belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengekspoloresi lingkungan
melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan nara sumber lain.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
merupakan cara mencari tuhu tentang alam secara sistimatik untuk menguasai
pengetahuan, fakta fakta, konsep konsep, proses penemuan, dan memiliki sikap
ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam pada program Paket A bermanfaat bagi
peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk
mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam
sekitar secara ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam diarahkan untuk
”mencari tahu” dan ”berbuat” sehingga dapat membantu peserta didik untuk
memproleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Program Paket A bertujuan:
- Menanamkan pengetahuan dan konsep konsep Ilmu Penhetahuan Alam yang
bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.
- menanamkan rasa ingin tahu dan sikap positif terhadap Ilmu Pengetahuan
Alam memanfatkandan teknologi.
- Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar,
memecah masalah dan membuat keputusan.
- Ikut serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
- Mengembangkan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling
mempengaruhi antara Ilmu Pengetahuan Alam, Lingkungan, Teknologi dan
Masyarakat.
- Menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan
Tuhan.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Program Paket Ameliputi:
- Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan.
- Benda dan Sifatnya.
- Energi dan Perubahannya.
- Bumi dan Alam Semesta.
D. Standar Kompetensi Lulusan
Mata Pelajaran
- Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil
pengamatannya secara lisan dan tertulis
- Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan
tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
- Memahami bagian-bagian tubuh
pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada
makhluk hidup
- Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan
wujud benda, dan kegunaannya
- Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
- Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan
permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
E. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Mengenal
anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
|
1.1
Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.2
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.3
Membiasakan hidup sehat
|
2.
Mengenal
cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
|
2.1
Mengenal
cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
2.2
Membedakan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.3
Menceritakan
perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan
dan lingkungan sekitar
|
3.
Mengenal bagian-bagian
utama tubuh hewan
dan tumbuhan, pertumbuhan hewan
dan tumbuhan serta berbagai
tempat hidup makhluk hidup
|
3.1
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan
sekolah melalui pengamatan
3.2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji
menjadi tanaman)
3.3
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah dan tempat lainnya)
3.4
Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
4.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
|
4.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
4.2 Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
4.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
|
5.
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
5.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
5.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
5.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Benda dan Sifatnya
6.
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya
melalui pengamatan perubahan bentuk
benda
|
6.1
Mengidentifikasi
benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
6.2
Mengenal
benda yang dapat diubah bentuknya
6.3
Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
|
7.
Mengenal
berbagai bentuk benda
dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
7.1
Mengidentifikasi ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
7.2
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung)
akibat dari kondisi tertentu
7.3
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
kegunaannya melalui pengamatan
|
Energi dan Perubahannya
9.
Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
9.1
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan
yang sulit bergerak melalui percobaan
9.2
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere,
per/pegas, dorongan tangan, dan
magnet)
|
10.
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan kegunaannya
|
10.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik,
cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
10.2 Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
|
11. Memahami berbagai cara
gerak benda, hubungannya dengan energi
dan sumber energi
|
11.1
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
11.2
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh
energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
11.3
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
12. Menerapkan
konsep energi gerak
|
12.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah
menjadi energi gerak
12.2 Menerapkan cara
menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Bumi dan Alam Semesta
13. Mengenal berbagai benda
langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia.
|
13.1
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
13.2
Mengenal
keadaan cuaca di sekitar kita
13.3
Membedakan pengaruh musim
kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
|
14. Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
14.1 Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
14.2 Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
15. Memahami kenampakan
permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya
bagi manusia, serta hubungannya dengan
cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
15.1
Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
15.2
Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
15.3
Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
15.4
Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan
|
|
1
Memahami
hubungan antara struktur organ tubuh manusia
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh
manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera
dengan fungsinya
1.4
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
|
2.
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
|
2.1
Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2
Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan
dengan fungsinya
2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan
dengan fungsinya
2.4
Menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya
|
3
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
|
3.1
Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
4
Memahami daur hidup
beragam jenis makhluk hidup
|
4.1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan
sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2
Menunjukkan kepedulian
terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
|
5
Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
5.1
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas
(simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk
hidup (rantai makanan)
5.2
Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
6.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
6.1
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
6.2
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya
ikan dan cacing tanah
6.3
Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan
hubungannya dengan makanan dan kesehatan
6.4
Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
6.5
Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah
manusia
|
7.
Memahami cara
tumbuhan hijau membuat makanan
|
7.1
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
7.2
Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada
tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
8.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan
|
8.1
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup
8.2
Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan
lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup
|
9.
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan
lingkungan tempat hidupnya
|
9.1
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungan hidupnya
9.2
Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri
khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus,
tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
10
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
|
10.1
Mendeskripsikan
perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
10.2
Mendeskripsikan
ciri-ciri perkembangan fisik
anak laki-laki dan perempuan
10.3
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan
10.4
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
|
11.
Memahami
pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
11.1 Mengidentifikasi kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
11.2 Mengidentifikasi bagian
tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
11.3 Mengidentifikasi bagian tubuh
hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan
lingkungan
|
12.
Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup
untuk mencegah kepunahan
|
12.1
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang
mendekati kepunahan
12.2
Mendeskripsikan
pentingnya pelestarian jenis makhluk
hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan
masyarakat
|
Energi dan Perubahannya
13.
Memahami gaya
dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
|
13.1
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan
tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
13.2
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan
tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
14.
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
14.1
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di
lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya
14.2
Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara
penggunaannya
14.3
Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh
udara, misalnya roket dari
kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
14.4
Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan
alat musik
|
15.
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta
fungsinya
|
15.1
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi
melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
15.2
Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
16.
Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
|
16.1
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
16.2
Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa
dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
17.
Mempraktikkan
pola penggunaan dan perpindahan energi
|
17.1
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara
gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi
pegas)
17.2
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan
energi listrik
|
18.
Memahami pentingnya penghematan energi
|
18.1
Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam
kehidupan sehari-hari
18.2
Membuat suatu
karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu
lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
|
Bumi dan Alam
Semesta
19.
Memahami
perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
|
19.1
Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
19.2
Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari
hari ke hari
|
20.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya
terhadap daratan
|
20.1
Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan
fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
20.2
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik
terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
20.3
Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan
(erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
21.
Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
21.1
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
21.2
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan
teknologi yang digunakan
21.3
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan
|
22.
Memahami
perubahan yang terjadi di
alam dan hubungannya
dengan
penggunaan sumber daya alam
|
22.1 Mendeskripsikan proses
pembentukan tanah karena pelapukan
22.2 Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
22.3 Mendeskripsikan
struktur bumi
22.4
Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhinya
22.5
Mendeskripsikan
perlunya penghematan air
22.6
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk
hidup dan lingkungan
22.7
Mengidentifikasi
beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi
(pertanian, perkotaan, dsb)
|
23.
Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
|
23.1
Mendeskripsikan
sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
23.2
Mendeskripsikan
peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
23.3
Menjelaskan
terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
23.4
Menjelaskan
perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
|
Benda dan Sifatnya
24. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta
berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
24.1
Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas
memiliki sifat tertentu
24.2
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair →padat→cair; cair→gas→cair;
padat→gas
24.3
Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya
|
25. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya
dan perubahan sifat benda sebagai hasil
suatu proses
|
25.1
Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan
bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
25.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat
benda, baik sementara maupun tetap
|
26. Memahami saling
hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
|
26.1
Membandingkan
sifat kemampuan menghantarkan panas
dari berbagai benda
26.2
Menjelaskan
alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
menghantarkan panas
|
27 Memahami faktor penyebab
perubahan benda
|
27.1 Menjelaskan
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan
27.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan
pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik)
dalam kehidupan sehari-hari
|
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat dibagi
ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan
untuk tingkatan/derajat yang dimaksud.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment