A. Latar Belakang
Pendidikan nonformal adalah jalur
pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur
dan berjenjang. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang
memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan
atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendudung pendidikan sepanjang
hayat. Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam disempurnakan untuk meningkatkan mutu
pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam secara nasional. Saat ini kesejahteraan bangsa
tidak hanya bergantung pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik,
tetapi bersumber pada modal intelektual, sosial dan kepercayaan (kredibilitas).
Dengan demikian tuntutan untuk terus menerus memutakhirkan Ilmu Pengetahuan
Alam menjadi suatu keharusan. Pengembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam merespon
secara proaktif berbagai perkembangan informasi. Ilmu pengetahuan, dan
tehnologi, sera tuntutan desenteralisasi.
Hal ini dilakukan untuk
meningkatkan keterkaitan (relevansi)program pembelajaran dengan keadaan dan
kebutuhan setempat. Kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam menjamin pertumbuhan
keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, penguasaan kecakapan
hidup, penguasaan perinsip prinsip alam, kemampuaan bekerja dan bersikap ilmiah
sekaligus pengembangan kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berorentasi
pada peserta didik, oleh karena itu memperkaya pengalaman belajar peserta didik
sangat ditekankan. Pengalaman belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan
untuk mengeksplorasi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman,
lingkungan, dan nara sumber lain. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan
cara mencari tuhu tentang alam secara sistimatik untuk menguasai pengetahuan,
fakta fakta, konsep konsep, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam pada program Paket B bermanfaat bagi peserta
didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Oleh karena itu,
pendekatan yang diterapkan dalam menyajikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
adalah memadukan antara pengalaman proses Ilmu Pengetahuan Alam dan pemahaman
produk Ilmu Pengetahuan Alam dalam bentuk pengalaman langsung. Hal ini juga
sesuai dengan karakteristik peserta didik program Paket B yang memerlukan
pengalaman kongkrit dan keterampilan belajar untuk menerapkan konsep IPA,
berpikir, dan bersikap ilmiah dalam kehidupan sehari hari.Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Alam menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan
praktis untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan
memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam diarahkan
untuk ”mencari tahu” dan ”berbuat” sehingga dapat membantu peserta didik untuk
memproleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
B. Tujuan Mata Pelajaran.
Tujuan
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Paket B sebagai berikut :
1.
Mengembangkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang
Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.X
2.
Memberikan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam,
prinsip dan konsep Ilmu Pengetahuan Alam serta keterkaitannya dengan
lingkungan, tehnologi, dan masyarakat.
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan
kesadaran terhadapadanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.
Meningkatkan kesadaran untuk memelihara dan melestarikan
lingkungan serta sumber daya alam.
5.
Memberikan bekal pengetahuan dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang selanjutnya. .
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Paket B meliputi:
1. Makhluk Hidup dan Proses
Kehidupan.
2. Materi dan Sifatnya..
3. Energi dan Perubahannya.
4. Bumi dan Alam Semesta.
D. Standar Kompetensi Lulusan Mata
Pelajaran
1. Melakukan pengamatan
dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat
hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat
kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti
yang diperoleh.
2. Memahami keanekaragaman
hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling
ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3. Memahami sistem organ
pada manusia dan kelangsungan makhluk hidupS
4. Memahami konsep partikel
materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya
5. Memahami konsep gaya,
usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
6. Memahami sistem tata
surya dan proses yang terjadi di dalamnya
E. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan
|
1.1
Mendeskripsikan
besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2
Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
1.3
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.
Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat
larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang
tepat
2.2 Melakukan percobaan
sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan nama unsur
dan rumus kimia sederhana
2.4 Membandingkan sifat unsur,
senyawa, dan campuran
|
3.
Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan
dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam
mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4. Memahami
berbagai sifat dalam perubahan fisika
dan kimia
|
4.1 Membandingkan
sifat fisika dan sifat kimia zat
4.2 Melakukan pemisahan
campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
4.3 Menyimpulkan
perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4 Mengidentifikasi
terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
|
5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.1
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan mikroskop dan
peralatan pendukung lainnya untuk
mengamati gejala-gejala kehidupan
5.4 Menerapkan keselamatan
kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
6. Memahami keanekara-gaman
makhluk hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
6.2
Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
7.
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem
dan saling hubungan antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi
pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran
manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8.
Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia
|
8.1 Menganalisis pentingnya
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
8.2
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
8.3
Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
8.4
Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan
hubungannya dengan kesehatan
8.5
Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
8.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
|
9.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
9.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
9.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan
transformasi energi pada tumbuhan hijau
9.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
9.4
Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan
yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
10.
Menjelaskan konsep partikel materi
|
10.1
Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
10.2
Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan
produk kimia sehari-hari
10.3 Membandingkan molekul
unsur dan molekul senyawa
|
11.
Memahami kegunaan bahan kimia dalam
kehidupan
|
11.1
Mencari informasi tentang
kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
11.2
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan
dan efek samping bahan kimia
11.3
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia
buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
11.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
11.5 Menghindarkan diri dari
pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
||
12. Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
12.1
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya,
penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
12.2
Menerapkan hukum Newton untuk
menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
12.3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan
perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
12.4
Melakukan percobaan tentang pesawat
sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
12.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat,
cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
13. Memahami konsep dan
penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
13.1
Mendeskripsikan konsep getaran dan
gelombang serta parameter-parameternya
13.2
Mendeskripsikan konsep bunyi dalam
kehidupan sehari-hari
13.3
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
13.4
Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tingkatan : IV
Derajat : Terampil 2
Setara : Kelas
IX SMP/MTs
Bobot SKK : 4
Tingkatan : IV
Derajat : Terampil 2
Setara : Kelas
IX SMP/MTs
Bobot SKK : 4
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem
ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem
reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem
koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2.
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan
perkembangbiakan
2.2
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk
hidup
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya.
2.4
Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
melalui produksi pangan
|
3.
Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mendeskripsikan muatan listrik untuk
memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.2
Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3
Mendeskripsikan prinsip kerja elemen
dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.4
Mendeskripsikan hubungan energi dan
daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4.
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala
kemagnetan dan cara membuat magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3
Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk
menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi
elektromagnetik
|
5. Memahami sistem tata
surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan
karakteristik sistem tata surya
5.2
Mendeskripsikan matahari sebagai bintang
dan bumi sebagai salah satu planet
5.3
Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan,
dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan
proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang
terkait dengan perubahan zat dan kalor
5.5
Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di
lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat
kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang
sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment