12.
Mata Pelajaran Biologi Untuk Paket C
Program IPA
A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara
mencari tahu (inquiry) tentang alam
secara sistematis, sehingga pendidikan IPA bukan hanya sebagai penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau
prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan
IPA di Program Paket C diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk
mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih
lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA
menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi
agar peserta didik menjelajahi dan
memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta
didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri
dan alam sekitar.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan
berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains.
Keterampilan proses ini meliputi
keterampilan mengamati,
mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan
selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan,
menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara
lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk
menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan
berpikir analitis, induktif, dan
deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam
sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan
kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika,
fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
B.
Tujuan
Mata
pelajaran Biologi Program Paket C bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1.
Membentuk
sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam
serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2.
Memupuk
sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama
dengan orang lain
3.
Mengembangkan
pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan,
serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4.
Mengembangkan
kemampuan berpikir analitis, induktif,
dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
5.
Mengembangkan
penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA
lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
6.
Menerapkan
konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang
berkaitan dengan kebutuhan manusia.
7.
Meningkatkan
kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
C.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Biologi Program Paket C merupakan
kelanjutan IPA di Program Paket B yang menekankan pada fenomena alam dan
penerapannya yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Hakikat
biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan
antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam
keseimbangan ekosistem
2.
Organisasi
seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan
manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
3.
Proses
yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi,
bioteknologi dan implikasinya pada ilmu pengetahuan alam, lingkungan, teknologi
dan masyarakat.
D.
Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1.
Merumuskan
masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan
merakit instrumen, menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan
dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan
menyajikan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti
yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan
tertulis
2.
Memahami
keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya.
3.
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.
Memahami
konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan
dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
5.
Memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses
metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
6.
Memahami
prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
E.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami hakikat Biologi sebagai
ilmu
|
1.1
Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi.
1.2
Mendeskripsikan
objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
|
2.
Mengaplikasikan prinsip-prinsip
pengelompokan makhluk hidup untuk mempelajari keanekaragaman dan peran
keanekaragaman hayati bagi kehidupan
|
2.1
Menjelaskan
konsep keseragaman dan keberagaman makhluk hidup melalui pengamatan terhadap
lingkungan sekitar.
2.2
Mengklasifikasikan
keanekaragaman hayati
2.3
Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.4
Mendeskripsikan
ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
2.5
Menyajikan
ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.6
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan
kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
2.7
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan
peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
2.8
Mendeskripsikan ciri-ciri Filum
dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Memahami
pengelompokan keanekaragaman hayati serta manfaatnya bagi kehidupan
|
3.1
Mendeskripsikan
konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2
Mengkomunikasikan
keanekaragaman hayati Indonesia dan
pemanfaatan sumber daya alam serta upaya pelestariannya
|
4. Menganalisis hubungan antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi
serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
|
Mendeskripsikan
peran komponen ekosistem dalam
aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi
kehidupan
Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran
lingkungan dan pelestarian lingkungan
Menganalisis
jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
Membuat
produk daur ulang limbah
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai
unit terkecil kehidupan
|
1.1
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi
sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2
Mengidentifikasi
organela sel tumbuhan dan hewan
1.3
Membandingkan
mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif,
endositosis, eksositosis)
|
2. Memahami keterkaitan antara struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks
Salingtemas
|
2.1
Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2
Mendeskripsikan
struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
|
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/ penyakit yang
mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.1
Mengaitkan
antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2
Mengaitkan
antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem peredaran darah
|
4. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia, kelainan/ penyakit yang
mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
|
4.1
Mengaitkan
antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia
4.2
Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi,
dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pernapasan pada manusia
4.3
Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi,
dan proses serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia
4.4
Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi,
dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi
manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
4.5
Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi,
fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem reproduksi manusia
4.6
Menjelaskan
mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit
penyakit
|
5. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
|
5.1
Merencanakan
percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
5.2
Melaksanakan
percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
5.3
Mengkomunikasikan
hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
6. Memahami
pentingnya proses metabolisme pada organisme
|
Mendeskripsikan
fungsi enzim dalam proses metabolisme.
Mendeskripsikan
proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Menjelaskan
keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme
lemak dan protein
|
7. Memahami penerapan konsep dasar dan
prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
|
7.1
Menjelaskan
konsep gen, DNA, dan kromosom
7.2
Menjelaskan
hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
7.3
Menjelaskan
keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan
sifat
7.4
Menerapkan
prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
7.5
Menjelaskan
peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
|
8. Memahami
teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas
|
8.1
Menjelaskan
teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
8.2
Mengkomunikasikan
hasil studi evolusi biologi
8.3
Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
9. Memahami prinsip-prinsip dasar dan peran
bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas
|
9.1
Menjelaskan
arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis
bioteknologi
9.2
Menjelaskan
dan menganalisis peran bioteknologi serta
implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
9.3
Mengaplikasikan
bioteknologi sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari
|
F.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata
pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat kompetensi dibagi
ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang
ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
No comments:
Post a Comment