Saturday, April 28, 2012

kurikulum ktsp Biologi kejar paket C IPA


12.        Mata Pelajaran Biologi Untuk Paket C Program IPA
A.          Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga pendidikan IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di Program Paket C diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik  menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan  untuk mencari tahu  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi  keterampilan  mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis,  induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar.  Penyelesaian   masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
B.           Tujuan
Mata pelajaran Biologi Program Paket C bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2.      Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3.      Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4.      Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif,  dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
5.      Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri


6.      Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia.
7.      Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
C.          Ruang Lingkup
Mata pelajaran Biologi Program Paket C merupakan kelanjutan IPA di Program Paket B yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
2.      Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
3.      Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada ilmu pengetahuan alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
D.          Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1.      Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.      Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
3.      Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.      Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
5.      Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.      Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat








E.           Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


   Tingkatan      : V
   Derajat           : Mahir 1
   Setara             : Kelas X  SMA / MA
   Bobot SKK    : 2








  
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.            Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu


1.1           Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.
1.2           Mendeskripsikan objek dan permasalahan  biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
2.            Mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup untuk mempelajari keanekaragaman dan peran keanekaragaman hayati bagi kehidupan


2.1        Menjelaskan konsep keseragaman dan keberagaman makhluk hidup melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar.
2.2        Mengklasifikasikan keanekaragaman hayati
2.3        Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.4        Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
2.5        Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.6        Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
2.7        Mendeskripsikan  ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
2.8        Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.         Memahami pengelompokan  keanekaragaman  hayati serta manfaatnya bagi kehidupan

3.1        Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2        Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia  dan pemanfaatan sumber daya alam serta upaya pelestariannya

4.      Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi  serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem



            Mendeskripsikan peran komponen          ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan    
            Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan    manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
            Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
            Membuat produk daur ulang limbah










Tingkatan      : VI
Derajat           : Mahir 2
Setara             : Kelas XI s.d XII  SMA / MA
Bobot SKK    : 8










Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan


1.1        Mendeskripsikan  komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2        Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1.3        Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
2.      Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas

2.1        Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2        Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya

3.      Menjelaskan struktur dan fungsi  organ manusia, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

3.1        Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2        Mengaitkan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
4.      Menjelaskan struktur dan fungsi  organ manusia, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

4.1          Mengaitkan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia
4.2          Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia
4.3          Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia
4.4          Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
4.5          Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
4.6          Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit

5.      Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
5.1          Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
5.2          Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
5.3          Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
6.      Memahami  pentingnya proses metabolisme pada organisme
            Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
            Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
            Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak  dan protein

7.      Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
7.1          Menjelaskan konsep  gen, DNA, dan kromosom
7.2          Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
7.3          Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
7.4          Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
7.5          Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas

8.      Memahami  teori  evolusi  serta implikasinya pada Salingtemas
8.1        Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
8.2        Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
8.3        Mendeskripsikan  kecenderungan baru tentang teori evolusi















Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
9.      Memahami prinsip-prinsip dasar dan peran bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas
9.1          Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan   jenis-jenis bioteknologi
9.2          Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta  implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
9.3          Mengaplikasikan bioteknologi sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari

F.           Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat kompetensi dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

No comments:

Post a Comment

Koneksi antar materi modul 3.2 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya

Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya dan pengimplementasian di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.  a.   ...