53. Mata Pelajaran Biologi untuk
Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai
penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau
prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan
IPA di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA
menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi
agar peserta didik menjelajahi dan
memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta
didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri
dan alam sekitar.
Biologi sebagai
salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami
konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan
mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik
dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja,
mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta
mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah
informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan
masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi
dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian
masalah yang bersifat kualitatif dan
kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika,
fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
- Membentuk
sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam
serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
- Memupuk
sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat
bekerjasama dengan orang lain
- Mengembangkan
pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan,
serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
- Mengembangkan
kemampuan berpikir analitis, induktif,
dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
- Mengembangkan
penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA
lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya
diri
- Menerapkan
konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana
yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
- Meningkatkan
kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan
IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Hakikat biologi,
keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan
antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia
dalam keseimbangan ekosistem
- Organisasi
seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan
manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan
masyarakat
- Proses
yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi,
bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami
hakikat Biologi sebagai ilmu
|
1.1 Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
1.2
Mendeskripsikan
objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
|
2. Memahami
prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
|
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan
peran virus dalam kehidupan
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria
dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam
kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.4
Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
|
3.1 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman
hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan
peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum
dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
|
|
|
4.
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi serta peranan manusia dalam
keseimbangan ekosistem
|
4.1 Mendeskripsikan peran komponen
ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen
ekosistem bagi kehidupan
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia dengan masalah
perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan
daur ulang limbah
4.4
Membuat produk daur ulang limbah
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
|
1.1
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi
sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2
Mengidentifikasi
organela sel tumbuhan dan hewan
1.3
Membandingkan
mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif,
endositosis, eksositosis)
|
2.
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan
hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas
|
2.1
Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan
fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2
Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya
dengan fungsinya
|
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
gerak pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
peredaran darah
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Menjelaskan struktur dan fungsi
organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang
mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan
(misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf,
endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan
sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar
terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar
terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh
faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
2. Memahami
pentingnya proses metabolisme pada organism
|
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses
metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan
anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
|
3. Memahami penerapan konsep dasar dan
prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida
dan proses sintesis protein
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme
pewarisan sifat
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya
dalam Salingtemas
|
Kelas XII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4.
Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada Salingtemas
|
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme
evolusi biologi
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi
biologi
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi
serta implikasinya pada Salingtemas
|
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran
bioteknologi serta implikasi
hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
No comments:
Post a Comment