Pada Kesempatan ini saya akan menuliskan tentang tugas pendidikan guru penggerak angkatan 11 terkait koneksi antar materi Modul 1.1.
Koneksi antar materi modul 1.1 saya jabarkan dengan menjawab pertanyaan pemantik berikut
1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul 1.1?
Sekolah saya SMAN 1 Mirit adalah Sekolah Penggerak Angkatan 2. Sebelum saya mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11, Saya sedikit banyak telah mengetahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara melalui kegiatan yang ada di Program Sekolah Penggerak (PSP). Murid merupakan individu yang unik. Setiap dari mereka memiliki minat dan bakat masing-masing. Kita tidak dapat membuat perlakuan yang sama rata untuk setiap individu ini. untuk mengakomodasi kegiatan pembelajaran yang didasari pada prinsip bahwa setiap murid memiliki minat dan bakat yang berbeda maka dapat dilakukan dengan kegiatan pembelajaran yang berbasis pada murid. Murid merupakan pusat dari kegiatan pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan murid. model pembelajaran berdiferensiasi juga dapat digunakan sebagai upaya mengakomodasi keanekaragaman karakteristik murid. Guru dalam kegiatan pembelajaran berperan sebagai fasilitator yang membantu murid menemukan pengetahuan mereka. Namun, saya belum mampu menerapkan secara utuh kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang dibahas pada modul 1.1.
2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari modul 1.1 kemudian melakukan diskusi dengan rekan CGP, PP, dan Instruktur saya lebih memahami dan mendalami tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara. Salah satu dari sekian banyak pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menarik yaitu penebalan laku murid dengan mengintegrasikan konteks sosial-budaya dilingkungannya. Dengan pemahaman bahwa terdapat kodrat alam dan kodrat zaman pada pendidikan menambah wawasan serta pemahaman bagaimana seharusnya kita mendidik murid, sebagai seorang guru saya harus memahami kodrat alam murid dan tidak dapat melepaskan kodrat ini dan menggantinya dengan apa yang saya pikirkan. Membebaskan anak tumbuh dan berkembang sesuai kodrat alam dan zaman akan menjadi anak tumbuh menjadi versi terbaiknya. Tugas saya disini hanya menuntun dan mendampingi mereka supaya mendapatkan lingkungan yang baik. Lebih lanjut dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara terdapat pemikiran bahwa Pendidikan sebagai Tempat Persemaian Kebudyaan. KHD percaya bahwa kunci untuk menciptakan manusia indonesia yang beradab yaitu melalui pendidikan. Pendidikan harus memfasilitasi dan memberi ruang untuk berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan. Pemikiran ini menjadikan saya semakin yakin bahwa model pendidikan yang cocok untuk masyarkat indonesia adalah pendidikan yang sesuai dengan pemikiran ini. Banyak sekali kita jumpai budaya-budaya khas disuatu daerah, tentunya ini akan menjadi suatu keuggulan bagi setiap anak untuk tumbuh dan berkembang.
Pemikiran KHD lainnya yang menarik bagi saya yaitu tentang pendidikan untuk Kemerdekaan. Pendidikan bertujuan untuk memerdekakan manusia baik lahir dan batin agar mereka mampu hidup mandiri dan bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Pemikiran ini memiliki makna dan dampak yang cukup besar jika diterapkan didunia pendidikan Indonesia. Setiap guru yang memaknai pemikiran ini dan menjadikan landasan berpikir dalam menyusun modul ajar akan menitik-beratkan kegiatan pembelajaran kepada kebutuhan murid. Melalui pemikiran ini saya akan mulai bernegosiasi dengan diri sendiri dan murid dalam setiap menyusun kegiatan pembelajaran. Saya akan menyusun kegiatan pembelajaran yang berpusat pada aktivitas murid dan berdiskusi dengan murid model kegiatan seperti apa yang mereka butuhkan, sehingga diharapkan murid akan aktif dan bahagia dalam kegiatan Pembelajaran. Saya sudah tidak sabar bertemu dengan murid ditahun ajaran baru dan berdiskusi dengan mereka.
3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?
Upaya yang dapat segera dilakukan untuk menerapkan Pemikiran KHD dalam kegiatan pembelajaran saya yaitu:
1. Proses Pembelajaran
Menyusun modul yang menekankan kepada aktivitas dan kebutuhan murid. Penyusunan ini dilakukan dengan merefleksikan pembelajaran sebelumnya, berdiskusi dengan rekan sejawat, dan berdiskusi dengan murid. Untuk mempermudah diskusi disaat hari libur seperti ini, dapat dilakukan dengan membagikan angket pendapat dan saran tentang kegiatan pembelajaran. Saat dikegiatan belajar mengajar memulai kelas dengan diskusi kelompok untuk membangun kolaborasi, menyediakan waktu untuk refleksi setelah setiap materi disampaikan, mengadakan proyek kontekstual yang relevan dengan kehidupan murid, dan mengajak murid untuk presentasi dan berbagi hasil pembelajaran mereka.
2. Lingkungan Pembelajaran
Menciptakan Lingkungan yang inklusif dan mendukung keragaman, menghargai setiap kontribusi murid dan memberikan umpan balik yang konstruktif, serta menciptakan suasana yang kondusif untuk kreativitas dan eksplorasi.
No comments:
Post a Comment