Assalamualikum wr wb. Salam dan Bahagia.
Peristiwa:
Saya melihat pada modul 1.1
tentang bagaimana teori dan filosofi pemikiran KHD, dapat diintegrasikan dalam
praktik nyata melalui peran-peran yang sudah dijelaskan dalam modul 1.2. keterkaitan
ini memberikan saya Gambaran yang konkret tentang bagaimana mengaplikasikan
prinsip-prinsip KHD dalam kegiatan sehari-hari menjadi guru. Materi pada modul
1.1 kemudian diperkuat oleh materi 1.2 menjadikan saya merasa memiliki dasar
yang kuat untuk membangun pendekatan pembelajaran yang holistic dan berpusat
pada murid.
Perasaan:
Perasaan saya setelah mengikuti serangkaian kegiatan untuk mempelajari dan memahami materi modul 1.1 dan modul 1.2 saya merasa seperti menemukan kunci baru dalam pendidikan. Semula saya memandang bahwa peran guru hanya sebagai pengajar saja, namun sekarang saya memahami bahwa guru tidak hanya berperan sebagai pengajar namun juga sebagai fasilitator yang mendukung dan mengarahkan potensi murid. Saya merasa bahagia dan sengat bersemangat Ketika mengetahui bahwa pendekatan pembelajaran yang menghamba kepada murid dapat kita terapkan dan praktikan dalam kegiatan sehari-hari.
Selain itu, ada perasaan bahwa
saya juga memiliki tanggung jawab yang besar. Sebagai Guru Penggerak saya
merasa memiliki tugas penting untuk tidak hanya berubah dalam praktik
pengajaran namun juga berperan dalam mempengaruhi rekan-rekan guru dan
lingkungan sekolah secara keseluruhan. Perasaan ini memotivasi saya untuk terus
belajar dan mengembangkan diri agar dapat memberikan yang terbaik bagi
murid-murid saya. Menyadari bahwa saya memiliki tanggung jawab yang besar ini
ada perasaan antuasiasme yang tinggi dalam diri. Saya merasa bersemangat karena
memiliki peran yang signifikan dalam membentuk masa depan Pendidikan.
Pembelajaran:
Sebelum mempelajari kedua
modul ini saya beranggapan bahwa Ketika menjadi guru kita harus mengajar sesuai
dengan kurikulum yang berlaku, mengajarkan CP esensial kemudian mengembangkan
sesuai dengan keinginan guru dan murid. Saya merasa sudah menggunakan pendekatan
yang berpihak kepada murid, namun setelah berefleksi saya menyadari Pendekatan
saya cenderung lebih berfokus pada penyampaian materi dan memastikan bahwa
siswa memahami konsep-konsep yang diajarkan. Saya merasa bahwa tanggung jawab
utama saya adalah memastikan bahwa kurikulum dapat diselesaikan tepat waktu dan
murid dapat lulus ujian dengan baik.
Sekarang setelah mempelajari kedua modul ini saya memahami
bahwa peran sebagai guru jauh lebih dinamis dan holistik. Saya sadar bahwa
menjadi guru berarti harus mampu melihat bahwa setiap murid unik dan memiliki
kebutuhan serta potensi masing-masing. Saya
kini memahami pentingnya mendengarkan dan mengakomodasi kebutuhan siswa, serta
mengembangkan pendekatan yang lebih personal dan berpusat pada murid.
Perubahan pemikiran yang saya alami membuat saya sekarang
berpikir bahwa kolaborasi dan refleksi adalah hal yang sangat penting. Sekarang
saya lebih terbuka untuk berkolaborasi bersama rekan-rekan guru, berbagi
praktik baik, dan mencari solusi bersama untuk tantangan yang dihadapi. Selain itu
saya juga lebih sering melakukan kegiatan refleksi terhadap praktik pengajaran
saya sendiri.
Penerapan ke depan:
Saya memiliki beberapa rencana kedepan, mulai dari
pengembangan diri yang sederhana dan rutin seperti refleksi. Setiap hari saya
akan meluangkan waktu untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran yang sudah saya
lakukan. Refleksi ini bertujuan mengevaluasi, mencari apa yang masih dapat
dikembangkan, dan bagaimana supaya saya dapat lebih berpihak kepada murid.
Selain itu, saya sadar bahwa untuk
mengatasi permasalahan Pendidikan di Indonesia diperlukan kolaborasi dari semua
pihak. Oleh karena itu saya akan mengadakan diskusi kelompok dengan rekan guru
secara mingguan. Saya akan menginisiasi sesi diskusi untuk berbagi praktik
terbaik dan tantangan yang dihadapi, serta mencari solusi kolaboratif. Diskusi
ini tidak hanya akan memperkaya pengetahuan saya tetapi juga membangun budaya
kolaboratif di antara rekan-rekan guru, yang pada gilirannya akan memberikan
dampak positif pada siswa.
Saya juga akan mengajak murid untuk
berpartisipasi dalam proyek-proyek yang mengembangkan ketrampilan mereka dan
mendorong kepemimpinan murid. Proyek-proyek ini akan dirancang untuk melibatkan
siswa dalam proses pembelajaran secara lebih aktif dan kreatif, serta
memberikan mereka kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman-teman mereka dan
menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam konteks nyata.
Semoga Langkah-langkah ini akan membantu saya semakin
menguatkan peran dan nilai saya sebagai Guru Penggerak yang berpihak pada
murid, kolaboratif, mandiri, reflektif, dan inovatif.
No comments:
Post a Comment